Aneka Abon

Abon lele merupakan salah satu produk oalahan yang sudah dikenal olaeh masyarakat luas dan umumnya abon diolah dari daging sapi. Selain daging sapi, ikan lele juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan abon. Abon lele adalah produk olahan hasil perikanan yang dibuat dari daging ikan lele , melalui kombinasi dari proses penggilingan,penggorengan dan pengeringan serta penambahan bahan pembantu dan penyedap makanan. Seperti halnya produk abon yang terbuat dari daging sapi, abon lele juga cocok dikonsumsi sebagai pelengkap makan. Pusat produksi abon di desa Maesan terdapat di RT 02 RW 01 Dusun Krajan. Abon ini diproduksi di rumah Ibu Hj, Martiasih.

Perbedaan abon lele dan abon lainnya terletak pada bentuk produk dan cara pengolahan serta rasanya. Sebenarnya bentuk abon lele hampir sama bentuknya dengan abon lainnya, perbedaannya terletak pada rasa daripada ikan lele tersebut.Mengenai cita rasa (taste) dari resep abon lele ini tidak perlu diragukan lagi. Karena rasanya tidak kalah dengan abon lain yang berbahan dasar dagung sapi maupun daging ayam. Setelah diolah sedemikian rupa, bau amis dari ikan lele akan hilang.

Saat ini bisnis abon ikan lele telah merambah ke masyarakat. Karena harganya yang terjangkau juga bahan dasarnya mudah didapat. Di Desa Maesan juga memproduksi olahan abon sapi dan abon ayam. Harga dari abon ayam dan abon lele Rp 20.000,- sedangkan abon sapi Rp 40.000,-.

%d blogger menyukai ini:
Lewat ke baris perkakas